Rencana Desain Unsyiah Mart

Darussalam, bisnis.unsyiah.ac.id – Badan Pengembangan Bisnis Universitas Syiah Kuala bekerja sama dengan PT Hadrah Aceh Pratama memulai pembangunan mini market Universitas Syiah Kuala (Unsyiah Mart) di lingkungan Mesjid Jami’ Unsyiah, Kopelma, Darussalam, Senin, 19 Agustus 2019. Pembangunan ditandai dengan pemasangan pagar pembatas proyek yang disaksikan oleh Ketua BKM Jami’ Kampus Unsyiah, Prof. Dr. Mustanir, M.Sc., tim Badan Pengembangan Bisnis Unsyiah, dan Perwakilan PT Hadrah Aceh Pratama.

Unsyiah Mart sengaja dibangun sebagai salah satu unit usaha Badan Pengembangan Bisnis Unsyiah yang dapat memudahkan dosen, pegawai, karyawan, mahasiswa, dan masyarakat di lingkungan kampus Unsyiah dalam membeli kebutuhan sehari-hari. Selain itu, UnsyiahMart dapat menjadi platform sentra penjualan produk mahasiswa, produk UMKM dan Industri lokal Aceh, produk program pengabdian masyarakat dari lembaga-lembaga di Unsyiah serta menjadi galery souvenir Unsyiah.

“Pengembangan unit bisnis baru (Unsyiah Mart) bertujuan mengoptimalkan pengelolaan sumber-sumber pendanaan universitas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Selain itu, produk yang dihasilkan oleh mahasiswa dari Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) dan lembaga-lembaga di Unsyiah seperti Pusat Riset Atsiri cukup beragam, mulai dari produk olahan nilam berupa parfum, pewangi ruangan, dan lotion. Produk unit-unit bisnis di bawah naungan Badan Pengembangan Bisnis seperti Unsyiah Coffee, UnsyiahQua, souvenir dari Unsyiah Konveksi, serta produk dari UMKM lokal maka pembangunan UnsyiahMart sangat tepat untuk menampung, memasarkan, sekaligus mendistribusikannya bersama dengan produk-produk kebutuhan sehari-hari lainnya,” papar drh. Mulyadi Adam, M.Sc. selaku Ketua Badan Pengembangan Bisnis Unsyiah.

Dalam pembangunan dan pengelolaannya, Badan Pengembangan Bisnis Unsyiah bekerja sama dengan PT Hadrah Aceh pratama yaitu perusahaan swasta milik alumni Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unsyiah yang bergerak di bidang pengembang properti, perhotelan, wedding & event organizer, mini market, coffee shop, dan lainnya. Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerja Sama telah ditandatangani oleh kedua pihak pada Mei 2019 lalu. Direktur PT Hadrah Aceh Pratama, Said Muhammad Iqbal, SE.  saat ditanya tentang pembangunan Unsyiah Mart ini mengatakan, “Sebagai alumni Unsyiah saya sangat bangga dapat bekerja sama dengan kampus yang telah mendidik saya. Saya berharap Unsyiah Mart nantinya dapat membantu memasaran produk-produk mahasiswa Unsyiah bersama produk-produk lokal dan nasional lainnya sehingga dapat meningkatkan minat wirausaha mahasiswa sejak di bangku kuliah.”

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *