Kopelma Darussalam, bisnis.unsyiah.ac.id – Badan Pengembangan Bisnis (BPB) Unsyiah Minggu, 17 November 2019, menggelar peresmian (Grand-Opening) Unsyiah Mart. Unsyiah Mart yang dibangun di halaman Masjid Jamik Unsyiah.

Acara grand opening ini dihadiri Rektor Universitas Syiah Kuala Prof.Dr.Ir. Samsul Rizal M.Eng, Wakil Rektor I Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Marwan, Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ir. Agussabti, M.Si., Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Alfiansyah, Wakil Rektor IV Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Dr. Hizir, Direktur Pascasarjana  Prof. Dr. Ir. Darusman, M. Sc., Direktur Utama Hadrah Group Said Muhammad Iqbal, SE., Ketua IKA Unsyiah Drs.H.Sulaiman Abda, M.Si, Ketua BPB Unsyiah drh. Mulyadi Adam, M.Sc., Ketua BKM Jamik Unsyiah  Prof. Dr. Mustanir, M.Sc., pejabat dekanan perwakilan dari masing-masing fakultas, Ibu-ibu Dharma Wanita Unsyiah, serta tamu undangan lainnya.

Pembangunan gedung Unsyiah Mart yang berlangsung selama tiga bulan, sejak Agustus 2019 hingga November 2019. Pembangunan dan Pengelolaan Unsyiah Mart ini bekerja sama dengan PT Hadrah Aceh Pratama.

Unsyiah Mart sengaja dibangun sebagai salah satu unit usaha Badan Pengembangan Bisnis Unsyiah yang dapat memudahkan dosen, pegawai, karyawan, mahasiswa, dan masyarakat di lingkungan kampus Unsyiah dalam membeli kebutuhan sehari-hari. Selain itu, Unsyiah Mart dapat menjadi platform sentra penjualan produk mahasiswa, produk UMKM dan Industri lokal Aceh, produk program pengabdian masyarakat dari lembaga-lembaga di Unsyiah serta menjadi galery souvenir Unsyiah serta point coffee.

Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng., dalam sambutannya mengatakan, “Unsyiah Mart sebagai sarana mahasiswa Unsyiah dalam mempraktikkan ilmu jual beli secara nyata dengan berdasarkan prinsip-prinsip etika bisnis islam”. 

“Tujuan dibangunnya Unsyiah Mart ini untuk tempat membeli kebutuhan sehari-hari masyarakat civitas akademika Unsyiah dan dapat membantu program menghidupkan dan meramaikan Masjid Jamik Unsyiah serta sebagai tempat mempromosikan produk-produk mahasiswa Unsyiah. Unsyiah Mart menjadi tempat belanja bulanan, karena dari kita juga untuk kita sendiri”, tandas Prof. Dr. Ir. Samsul Rizal, M. Eng. sebagai penggagas didirikannya Unsyiah Mart ini.

Setelah memberikan sambutan Rektor Unsyiah membuka secara resmi Unsyiah Mart yang ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan plakat peresmian Unsyiah mart. Acara ini ditutup oleh belanja perdana di Unsyiah Mart oleh Rektor, Wakil Rektor serta para tamu yang berhadir.

Jam operasional Unsyiah Mart dari pukul 07.00 WIB sampai dengan pukul 23.00 WIB.

Categories: Berita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *